Total Pageviews

Search This Blog

Thursday, June 19, 2008

BUKU YANG ENAK DIBACA DAN BERGIZI

Oleh: Fahrur Mu'is

Menerbitkan sebuah buku bukanlah pekerjaan main-main. Sesuka dan sesenang hati. Apalagi asal-asalan. Ia adalah aktivitas serius yang menghajatkan curahan tenaga, kreativitas, ketrampilan, pikiran, dan dana. Ia tak sekadar menyusun kata-kata untuk kemudian ditata dan dijual.

Menerbitkan buku, setidaknya melibatkan beberapa hal. Misalnya, visi, misi, bisnis plan, pilihan cita rasa buku. Tulisan ini bermaksud ikut andil dalam menghasilkan buku yang enak dibaca dan bergizi.

Buku yang enak dibaca dan nikmat dirasa, setidaknya harus memenuhi beberapa unsur. Di antaranya ialah mudah dipahami, masuk akal, taat asas, dan tepat dalam pilihan kata. Ibarat sebuah masakan, buku juga menghajatkan bumbu yang sesuai dengan resep makanan yang dikehendaki. Nah, enak dibaca berarti memerhatikan masalah bumbu ini.
Buku yang bergizi ialah buku yang di dalamnya mengandung kebenaran. Si penulis meyakini dan mengamalkan apa yang ia tulis. Bahkan, ia menjadi orang pertama yang mempraktikkan kebenaran yang ia serukan.

Dahulu, banyak ibu yang mengingatkan anaknya yang sedang menulis buku. Salah satunya adalah ibu dari seorang ulama besar, Sufyan Ats-Tsauri. Pada suatu saat ibunya berpesan dan memberi nasihat, “Wahai anakku, apabila engkau menulis sepuluh huruf, maka lihatlah pada dirimu: apakah rasa takut, kelemahlembutan, dan ketenanganmu semakin bertambah? Jika hal itu tidak engkau lihat ada pada dirimu maka ketahuilah bahwa hal itu akan memudharatkanmu dan tidak memberi manfaat bagimu.”
Buku yang bergizi adalah buku yang mendidik para pembaca. Ia tidak mengobral kata tanpa makna. Tidak memoles tulisan dengan kepalsuan. Tapi, ia benar-benar tulus dalam menunjukkan kebenaran.

Buku yang bergizi adalah buku yang menghibur pembaca dari kesedihan dan memperingatkan dari ketergelinciran. Dan, ia benar-benar dibutuhkan, baik oleh jasmani maupun ruhani. Tidak hanya untuk kejar target dan koleksi.
Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita.

No comments: