Total Pageviews

Search This Blog

Tuesday, January 6, 2009

Think Out of The Box

Menarik. Ahad 4 Juni 2009, kelas saya di pascasarjana ramai. Pasalnya, Pak Adian Husaini, dalam menyampaikan materi kapita selekta pemikiran dan peradaban Islam, membukanya dengan soal ISRAEL. Kata beliau, ketika Yahudi Israel terlunta-lunta di Eropa, Herzl, pendiri negara Israel tersebut, punya satu mimpi. Yakni mendirikan negara Israel raya. Tentu saja, waktu itu, ide tersebut jadi bahan lelucon.

Meskipun demikian, ia bergeming alias tidak bergerak sedikit pun dari idenya. Akhirnya, ia menulis sebuah propaganda tentang wilayah tak berpenduduk untuk penduduk yang tak berwilayah.

Apa yang menarik? Ingat, kita sama sekali tak mendukung Israel. Karena Israel jelas musuh kita: sampai tetes darah penghabisan. Lalu, apa yang menarik? Yang menarik adalah berpikir out of the box.

Apa hubungannya dengan dunia buku sekarang? Karena kurang ramainya pasar buku hari ini, banyak pihak yang mengeluh. Kata mereka, hal itu dipengaruhi banyak hal. Mulai rendahnya minat baca, kurangnya daya beli, susahnya mendapatkan buku, kurang pedulinya pemerintah, mahalnya harga buku, banyaknya tema yang sama, sampai tidak mudahnya mendapatkan naskah atau penulis.

Meski alasan-alasan tersebut terkesan hanya mencari pembenaran, tapi itu juga benar. Kurang lebih faktanya begitu. Hanya saja, hal itu tidak boleh melemahkan motivasi kita untuk berkarya. Di balik tantangan ada peluang. Kata pepatah, tak ada pelaut ulung di laut tenang. Ide—terkadang—harus liar. Maka, berpikirlah sesuatu yang belum ada dan siap-siaplah mendengar tawa.

No comments: