Total Pageviews

Search This Blog

Wednesday, February 29, 2012

Sebaik-baik Teman adalah Buku



Salah satu di antara kiat meraih kebahagiaan adalah dengan membaca Al-Qur`an dan membaca buku.
Al-Jahizh memberi pesan agar kita membaca dan menelaah buku untuk mengusir kesedihan. Ia bersyair:

Buku adalah teman duduk yang tak pernah berbasa-basi dengan Anda. Ia adalah teman sejati yang tidak pernah memperdaya Anda dan teman pergaulan yang tidak akan membuat Anda jenuh.
Buku adalah teman penghibur yang tidak membuat anda bersedih hati. Ia adalah tetangga yang selalu siap membantu bila diperlukan dan teman yang tidak ingin mengeluarkan apa yang ada pada Anda dengan cara paksa.

Buku tidak pernah memperlakukan Anda dengan sikap munafiq, dan tidak pernah berdusta terhadap Anda.
Buku adalah teman yang bila Anda memandangnya, ia akan menyenangkan Anda dalam waktu yang cukup lama. Ia dapat membentuk karakter Anda. Memfasihkan lisan Anda, dan mempercantik jari-jemari Anda. Ia akan mengagungkan kata-kata Anda, menyenangkan jiwa Anda, dan mengisi dada Anda dengan pengetahuan.

Buku akan menganugerahkan kepada Anda penghormatan orang-orang awam dan persahabatan raja.
Berteman dengan buku selama sebulan akan menambah pengetahuan Anda tentang banyak hal yang tidak dapat Anda ketahui melalui lisan para tokoh selama satu tahun, sedangkan Anda terhindar dari kerugian, terhindar dari susah payah pencarian yang menyebabkan Anda menghabiskan waktu lama untuk belajar, terhindar dari duduk di hadapan orang yang Anda lebih utama daripadanya dalam hal akhlak dan keturunan, terhindar dari sekedudukan dengan orang-orang yang tidak disukai, dan terhindar persaingan dengan orang-orang kaya.

(sumber: Laa Tahzan, ‘Aidh bin ‘Abdullah Al-Qarni)


No comments: