Total Pageviews

Search This Blog

Thursday, August 18, 2011

Wakaf Buku, Wakaf Ilmu


Di sekitar kita, ada fenomena yang menyedihkan. Banyak umat Islam yang jauh dari agamanya. Oleh karena itu, salah satu tugas utama kita adalah 'mengislamkan' kembali mereka agar berpegang pada Al-Qur'an dan Sunnah. Salah satu caranya adalah dengan mewakafkan buku kepada mereka.

Rasulullah bersabda, "Apabila seorang anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali karena tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shaleh yang mendoakannya." (HR. Muslim).

Hadis tersebut menjelaskan bahwa amal seorang Muslim akan terputus ketika ia meninggal dunia, sehingga ia tidak bisa lagi mendapatkan pahala. Namun, ada tiga hal yang pahalanya terus mengalir walau pelakunya sudah meninggal dunia, yaitu sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan doa anak shaleh.

Dalam riwayat Ibnu Majah, Rasulullah menambahkan tiga amal dalam sabda beliau, ”Sesungguhnya amal dan kebaikan yang terus mengiringi seseorang ketika meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat, anak yang dididik agar menjadi orang shaleh, mewakafkan Al-Quran, membangun masjid, membangun tempat penginapan bagi para musafir, membuat irigasi, dan bersedekah.”

Menurut Imam As-Suyuti (911 H), bila semua hadis mengenai amal yang pahalanya terus mengalir walau pelakunya sudah meninggal dunia dikumpulkan, semuanya berjumlah 10 amal, lima di antaranya:

1.ilmu yang bermanfaat,
2.doa anak shaleh,
3.sedekah jariyah (wakaf),
4.menanam pohon kurma atau pohon-pohon yang buahnya bisa dimanfaatkan,
5.mewakafkan buku, kitab, atau Alquran.

Di antara lima hal tersebut adalah MEWAKAFKAN BUKU. Di sini saya mengajak seluruh umat Islam yang diberi nikmat harta untuk berpartisipasi dalam program Wakaf Buku, Wakaf Ilmu. Seribu buku boleh, satu buku juga boleh. Program ini menggalakkan umat Islam di mana saja untuk menjadikan buku sebagai salah satu bentuk wakaf yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

WAKTU

Program wakaf buku ini berlaku selama hidup. Namun, untuk tahap pertama, kita buka mulai dari tanggal 18 Agustus 2011 hingga 1 Januari 2012.

PENERIMA WAKAF BUKU

1.Siapa saja yang ingin mewakafkan buku boleh menentukan sendiri penerima wakaf, baik teman, masjid, perpustakaan, jamaah pengajian, anak yatim, maupun orang Islam awam di daerah terpencil dan daerah kristenisasi.

2.Jika pewakaf belum memilih penerima wakaf tertentu, pewakaf boleh menyerahkan kepada saya untuk memilih dan menentukan siapa penerima wakaf bukunya.

CARA WAKAF BUKU:
1.Pilih paket buku yang hendak Anda wakafkan.
2.Tulis alamat Anda dan penerima wakaf.
3.Konfirmasi pembelian dilayani lewat SMS ke 081 329 310 175 / email: fahrurmuis@gmail.com.
4.Kami akan memberitahu pewakaf tentang status pengantaran buku-buku wakaf melalui SMS, Telepon, atau email.
5.Untuk wakaf di atas 1000 buku, dapat discon khusus.

PAKET BUKU

1.PAKET A/ 200 Ribu
(Berisi buku tentang IBADAH SEPANJANG TAHUN, yaitu buku SHALAT A-Z, ZAKAT A-Z, PUASA A-Z, dan HAJI A-Z).

2.PAKET B/ 100 Ribu
(Berisi buku HARI INI SAYA CERAMAH APA dan SYARAH HADIS ARBAIN)

3.PAKET C/ 50 Ribu
(Berisi buku BELAJAR ISLAM UNTUK PEMULA).

4.PAKET ECERAN, @ RP 30 Ribu:

@ Bahagia Saat Sakit
@ Nama Terindah untuk Anakku
@ Agar Shalat Tak Sia-Sia
@ Sedekah Tanpa Uang
@ Rajin Shalat, Badan Sehat
@ Jangan Shalat Sendirian
@ Puasa A-Z
@ Zakat A-Z
@ Haji A-Z
@ Syarah Hadis Arbain An-Nawawi

1 comment:

Suhadi Rembang said...

Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan komunitas baca, dengan ini Komunitas Rumah Baca selalu membuka Program Wakaf Buku Pribadi.

Program Wakaf Buku Pribadi merupakan program sosial dalam rangka memfasilitasi masyarakat dalam mewakafkan buku koleksi pribadinya.

Program Wakaf Buku Pribadi ini berlatar belakang pada masukan dari para Relawan Baksos Rumah Baca, dimana banyak warga masyarakat yang memiliki buku pribadi, namun kebermanfaatannya belum optimal. Untuk itu, dengan Program Wakaf Buku Pribadi, diharapkan para pemilik buku yang ingin mengoptimalkan fungsi untuk dapat diakses para pembaca secara luas, Komunitas Rumah Baca selalu membuka diri dalam memfasilitasi antara pemilik buku dan peminat pembaca.

Teknis dalam Program Wakaf Buku Pribadi cukuplah mudah.
Pertama, para Pemilik Buku dapat mengirimkan buku pribadinya ke Komunitas Rumah Baca melalui jasa Paket. Kedua, para Pemilik Buku dapat datang langsung di Komunitas Rumah Baca untuk menyerahkan buku yang akan di wakafkan.

Alamat Komunitas Rumah Baca:

Dukuh Palan Wetan, Rt. 02/ Rw. 01 Pamotan Kode Pos 59261 dengan nomor handphone +6282324073263, Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah.

Hubungi:
[cp. 089667020018 adit]

Blog:
http://komunitasrumahbacapamotan.blogspot.co.id/