Total Pageviews

Search This Blog

Friday, February 11, 2011

Bagaimana Menawarkan Naskah Kepada Penerbit?

Bagi siapa saja yang memiliki karya tulis, jangan sungkan-sungkan untuk menawarkan kepada penerbit. Urusan diterima atau ditolak bukan masalah penting. Justru yang terpenting adalah mencoba sehingga memiliki pengalaman. Pengalaman itulah yang bisa menjadi guru lumayan baik.

Tak jarang, naskah saya ditolak oleh berbagai penerbit. Tetapi ingat, itu bukanlah akhir dari segalanya. Justru itu adalah awal dari sejarah Anda menjadi penulis. Lalu, bagaimana cara menawarkan naskah kita kepada penerbit? Berikut tips praktisnya:

1. Buat sinopsis naskah Anda.
2. Buat identitas naskah Anda: berapa halaman, siapa target pembacanya, buku apa yang temanya sama, apa nilai lebihnya, dan lain-lain.
3. Buat daftar isi.
4. Beri contoh satu atau dua bab.

Setelah itu, kirim ke penerbit dan tunggu responsnya.

Ok, kita langsung praktik saja. Siapa yang berminat menulis buku Islam populer dengan spesifikasi:
1. Tema belum ada atau jarang dibahas
2. Tema sudah ada, tetapi berbeda dan unik
3. Target pembaca putra atau putri usia 18-60.

Silakan kirim ke email saya: fahrurmuis@gmail.com. Insya Allah saya siap menilai, memberi masukan, dan menyalurkan naskah Anda ke penerbit-penerbit Islam ternama.

2 comments:

Anonymous said...

Salam pak Fahrur. Saya senang membaca artikel bapak yang informatif. Oia pak, melalui blog ini saya ada kendala nich pak. Saya penulis pemula, punya 2 naskah non fiksi siap cetak. Rencana kirim ke penerbit di yogya. Sebelum kirim, saya hubungi mereka. Untuk mengirimnya katanya bisa via pos atau email, tapi mereka menyarankan untuk kirim via email aja lebih praktis dan yang dikirim harus naskah komplit/utuh/asli. saya bingung pak. ntar gmana kalo ditolak padahal saya sudah all out.Terimakasi pak Fahrur yang tetap semangat dan enerjik.

Fahrur Mu'is said...

Kirimkan saja, dan minta kepastian kapan ada keputusan. Jangan khawatir, jika naskah saudara belum cocok di satu penerbit, belum tentu tidak cocok pula di penerbit lain. Tetap semangat.