Total Pageviews

Search This Blog

Friday, August 10, 2012

Terjual Seribu dalam Sebulan

Bisakah sebuah buku terjual seribu eksemplar dalam waktu sebulan. Jawabannya tentu bisa. Tetapi pertanyaan mendasarnya bukan itu, melainkan bagaimana caranya dan dapat bertahan berapa lama. Berdasarkan pengamatan saya terhadap hasil penjualan buku-buku Islam di pasar modern, hal ini terkait erat dengan tema sebuah buku. Jika tema, isi, judul, penampilan, promosi, dan display di toko buku bagus, maka pembaca akan segera membelinya. Tidak menutup kemungkinan per bulan bisa terjual ribuan eksemplar.

Salah satu contohnya adalah buku saya yang berjudul Amalan 24 Jam Wanita Haid. Pada bulan Juli 2012, alhamdulilah, terjual sebanyak 1.056 eksemplar. Sumber: http://universitipts.com/index.php/site/comments/top_100_bulan_julai_2012_berdasarkan_unit_terjual1/

Buku dengan sifat sebaliknya, hasilnya juga bisa ditebak. Bisa jadi, sebulan hanya terjual di angka satuan hingga puluhan saja. Jika sudah demikian, penulis ataupun penerbit harus manarik nafas panjang. Harus ekstra sabar karena hasil penjualan bukunya tidak menggembirakan, sementara tagihan dari percetakan sudah berjalan.

No comments: