Total Pageviews

Search This Blog

Thursday, October 13, 2011

BAGAIMANA ANDA MENYIKAPI TANDA-TANDA AKHIR ZAMAN?



Dalam menyikapi tanda-tanda kiamat yang terjadi pada akhir zaman ini, manusia terbagi menjadi tiga kelompok.
Pertama, kelompok yang yakin dengan semua yang dikabarkan oleh Rasulullah berkaitan dengan kiamat dan tanda-tandanya. 
Kelompok ini pun terbagai menjadi tiga, yaitu: 
(1) mereka yang menerima nash-nash akhir zaman apa adanya. Kelompok ini kurang bisa memahami maksud dan tujuan di balik berita tersebut. Nash-nash yang pada hakikatnya memiliki makna peringatan dan larangan, cenderung diartikan sebagai berita yang tidak mengandung pesan.
(2) Mereka yang menerima nash-nash tersebut dengan penuh keyakinan, namun melampaui batas dalam menafsirkannya. Misalnya ialah kelompok Syi’ah yang menjadikan hadis-hadis tentang Imam Mahdi untuk mendukung gerakan politik dan keyakinan mereka. 
(3) Kelompok yang menerima nash-nash tersebut dengan penuh keyakinan bahwa semua itu benar berasal dari Nabi. Sikap mereka berada di antara dua kelompok sebelumnya;  tidak mengabaikan dan juga tidak berlebih-lebihan.
Kedua, kelompok yang tidak peduli dengan nash-nash tentang akhir zaman dan tidak banyak mengkajinya karena dinilai sebagai sesuatu yang tidak logis. Mereka menganggap bahwa pembicaraan tentang akhir zaman merupakan penghalang kemajuan karena telah dibatasi oleh takdir tentang berakhirnya alam semesta. Kelompok ini terbagi menjadi dua:
(1) Mereka yang bergelut dengan ilmu dan penelitian. Mereka menakwilkan hadis-hadis tentang akhir zaman dan hanya mau menerima yang bisa diterima akal. Misalnya adalah orang yang menafikan adanya Dajjal dan hanya menganggapnya sebatas simbol dan lambang keburukan.
(2) Mereka yang termasuk orang-orang awam yang tidak peduli dengan ilmu agama. Mereka tidak mengetahui berbagai peristiwa yang akan terjadi menjelang hari kiamat dan tidak bisa mengambil pelajaran darinya.
Ketiga, mereka yang tidak yakin akan datangnya kiamat. Kelompok ini banyak diwakili oleh mayoritas bangsa Barat dan sebagian bangsa Timur yang tidak percaya pada Tuhan dan agama, semisal bangsa Jepang dan Korea. Sebagai gantinya, mereka menuhankan akal dan teknologi modern yang sedang berkembang.
Demikianlah berbagai kelompok manusia dalam menyikapi fenomena akhir zaman dan tanda-tanda yang mengiringi terjadinya kiamat. Seorang muslim sudah sepatutnya mengambil sikap yang  benar dalam memandang masalah ini, yaitu sebagaimana sikap golongan pertama dari kelompok yang terakhir. Yakni kelompok yang menerima nash-nash tentang akhir zaman dengan penuh keyakinan bahwa semua itu benar berasal dari Nabi. Mereka  tidak mengabaikan dan juga tidak berlebih-lebihan. Mereka menjadikan berita yang sahih dari Nabi sebagai landasan dalam bersikap. Mereka berusaha mencari tahu tentang hakikat sebenarnya dari nash-nash yang ada agar selamat dari bencana yang terjadi tanpa melakukan pemastian pada hal-hal yang dalilnya belum jelas dan tegas. Lebih lengkapnya, baca buku saya: BENCANA AKHIR ZAMAN. http://pts.com.my/index.php/buku/bencana-akhir-zaman/

No comments: