Total Pageviews

Search This Blog

Saturday, April 30, 2011

Launching buku Belajar Islam Untuk Pemula


Jumat, 29/4/2011, jam 16.00 WIB, saya berkesempatan datang ke Jogja Islamic Bookfair. Saya diminta oleh panitia untuk membedah sekaligus melaunching buku terbaru saya: BELAJAR ISLAM UNTUK PEMULA.

Suasana cukup ramai dan hidup dengan berbagai pertanyaan dari moderator dan juga peserta. Berikut ini di antara dialog dan jawaban yang mengalir pada acara tersebut?

Apa latar belakang Anda menulis buku ini?

Lahirnya buku ini berawal dari pertanyaan sebuah komunitas mualaf Cina di Jakarta. Mereka bertanya: Adakah buku yang bisa dijadikan panduan bagi orang yang baru masuk Islam? Apa saja yang harus mereka pelajari dan dari mana harus belajar? Masukan ini akhirnya kita tindak lanjuti dengan membuat sebuah buku kreatif yang awalnya kita juduli: Islam Untuk Pemula.

Apakah ide itu mengalami perubahan ketika proses penulisan?

Bukan perubahan, tetapi perkembangan. Ide tersebut akhirnya berkembang bagaimana buku Belajar Islam untuk Pemula juga bisa menjadi panduan bagi orang Islam awam. Jadi, meskipun banyak umat Islam yang sudah Islam sejak lahir, tetapi mereka masih awam soal ilmu agama Islam.

Mengapa orang Islam awam juga menjadi target pembaca buku ini?

Kita menyadari bahwa pemahaman seseorang terhadap Islam akan tercermin pada perilakunya. Semakin dangkal ilmunya, semakin rendah pula kadar akhlak, kepribadian, dan kesiapannya menerima ajaran Islam. Nah, kita melihat mayoritas umat Islam hari ini tidak memahami ajaran agamanya.

Lalu, mengapa Anda yang dipilih untuk menulis buku ini?

Pertama, selama ini saya telah banyak menulis buku agama Islam yang genrenya how to atau panduan. Khususnya tema ibadah. Kedua, saya sudah berpengalaman menulis buku kreatif yang berbeda dengan buku yang sudah ada. Ini sudah saya buktikan ketika menulis buku SHALAT A-Z.

Bisa diceritakan apa bedanya buku SHALAT A-Z dibandingkan dengan buku yang sudah ada?

Saya berani mengatakan itu adalah model buku tentang shalat yang pertama kali di Indonesia. Pada setiap muka (2 halaman) dari poin A-Z, saya sampaikan 10 hal, yaitu aktivitas, kapan, tatacara, dalil, kesalahan, tips, gambar, tanya-jawab, perbedaan imam-makmun-orang yang shalat sendirian, dan perbedaan antara wanita dan pria.

Dengar-dengar buku Shalat A-Z akan terbit juga di Malaysia?

Iya. Buku tersebut lisensinya sudah kita berikan ke PTS Millenia untuk diterbitkan dalam bahasa melayu.
Apakah proses kreatif tersebut juga Anda lakukan dalam menulis buku Belajar Islam untuk Pemula?

Betul. Proses itu saya lakukan kembali di sini. Jadi, selain materi yang lengkap dan sahih, saya gunakan cara penyampaian yang semudah-mudahnya bagi pembaca.

Bisa dikasih contohnya?

Misalnya dalam membahas iman kepada Allah. Di situ saya sampaikan: Definisi, cakupan, cara mewujudkan, dalil dan penjelasan, buah iman kepada Allah, kaidah memahami nama dan sifat Allah, golongan yang keliru dalam memahami asma dan sifat Allah, serta Tanya jawab seputar iman kepada Allah. Semua itu kita sampaikan dengan bahasa yang mudah dibaca dan didukung oleh layout buku yang menjadikan mata senang memandang.

Contoh lainnya adalah dalam membahas rukun Islam, yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa, dan haji. Semuanya kita tulis dalam bentuk langkah demi langkah sehingga semua orang bisa langsung paham.

Selain cara yang mudah dan praktis, apa lagi keistimewaan buku ini?

Kita juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mengganjal di benak para mualaf dan orang awam. Misalnya: Mengapa manusia diperintah beribadah kepada Allah, apakah Dia butuh disembah; Mengapa orang yang murtad dihukum mati, padahal kata Al-Qur'an tidak ada paksaan dalam agama. Dan masih banyak pertanyaan lagi.

Apakah hadis dan sumber rujukan buku ini sahih?

Saya jawab iya. Ketika menulis, saya selalu berusaha hanya menampilkan hadis-hadis yang sahih saja. Meskipun tidak saya tulis keterangan lengkapnya di catatan kaki, tapi saya sudah mengecek kesahihannya menurut penilaian ahli hadis, semisal Syaikh Al-Albani. Begitupun buku-buku rujukannya, kita ambil dari karya para ulama ahlus sunah wal jamaah.

Berapa harganya? Apakah ada diskon khusus?

Harganya 59 ribu. Tebalnya 368 halaman. Tidak mahal. Soal diskon, bisa ditanyakan di stand Aqwam.

Baik, dalam 5 kata, apa yang Anda simpulkan tentang buku ini?

Lengkap, sahih, mudah, aplikatif, dan praktis.



NB: Selama bulan MEI 2011, pembaca di pulau Jawa bisa mendapatkan buku BELAJAR ISLAM UNTUK PEMULA tanpa ongkos kirim. Pembaca di luar Jawa, tambah ongkos kirim. Hubungi 081 329 310 175.

No comments: